Kamis, 29 Desember 2016

Sedekah nyesel atau engga?


Semalam ada kalimat yang ngena banget di rutinitas "ceramah malam" dengan ayah. Jangan dibayangin ceramah isinya mirip kayak pak ustad ya. Tapi lebih kayak cerita petuah-petuah yang lebih relate ke semua sisi ga cuma agama doang. Kelihatannya berat banget ya? hehehe.. Aku dulu juga mikirnya begitu. Sebel gitu rasanya seperti digurui, but you know what? yang bikin aku sebel apa yang dibilang ayahku mostly terjadi dan bener.  Jadi ya mau gimana lagi kalau ga didengerin. 

Anyway balik lagi. Pingin sedikit sharing aja kalimat w-a-w yang ngena banget semalam.
"Apa yang bikin ayah seperti sekarang ini bukan karena ayah pintar, sekolah tinggi, atau apa. Tapi sebagian besar karena ayah bersedekah."

Iya sepertinya kita kalau denger kalimat seperti ini biasanya berkomentar, "masa sih?" I know semua orang pernah bilang sedekah bla bla bla manfaat bersedekah dan bla bla bla. Di keluargaku percaya ga percaya efeknya bersedekah itu kelihatan banget, terutama ayahku. Pernah suatu hari ayahku beli handphone baru karena bb boldnya sudah rusak, dia sengaja beli android yang ga mahal-mahal dan minta diajarkan oleh karyawannya di kantor. Setelah diajarkan ayah akhirnya membelikan pulsa 50ribu ke karyawannya itu meskipun awalnya ditolak. Selang beberapa hari tiba-tiba ada pak pos nganter paket. Bentuknya kotak dan berat. Bapaknya cuma bilang,"Kayaknya hp tuh mbak." Awalnya ga percaya sih, masa hp dianter pos sih? Ga ada yang beli atau pesan juga deh. Pas dibuka isinya Samsung S7 keluaran terbaru buat ayah. Katanya itu hadiah buat ayah dari salah satu temannya yang kerja di Telkomsel. Kita semua cuma melongo.
Kejadian-kejadian lain seperti Ayah yang pada saat itu katanya akan dipindah kantor dari Mergoyoso, tiba-tiba dipindah ke Menur yang jaraknya hanya sebentar dari kampusku. Jadi kita bisa berangkat bareng. Atau tiba-tiba aku yang ngeluh laptop kecilku yang mulai rese setelah dipakai ngerjakan skripsi, tiba-tiba Ayah pulang bawa laptop baru dan diberikan ke aku. Dan banyak kejadian-kejadian lain yang rasanya ga mungkin ga percaya kalau bersedekah itu ga ada efeknya. 

Kalau ditanya rasanya bersedekah? Awalnya itu beraat banget. Kayak mikir ini duitku berkurang ntar atau ada kebutuhan yang lebih mendesak, dsb. Jadi kalau dari awal sudah ada niat bersedekah cus langsung disegerakan jangan kebanyakan mikir. Justru kalau lebih spontanitas tuh lebih asyik kayaknya karena lebih terlaksana dan ga kebanyakan mikir. Setelah sedekah rasanya? gatau ya, kalau aku sih ngerasanya seneeng banget. Kayak at least aku bisa berguna buat orang lain seneng walaupun cuma sedikit. Dan rasanya legaaa banget. Pernah ga sih kamu ngerasa setelah belanja tuh kadang kita suka mikir, "harusnya tuh uangnya jangan dipakai buat beli ini itu." Nah buat aku setelah bersedekah tuh ga ada perasaan seperti itu. Kayak ga ada yang disesali jadi seakan-akan kita punya budget khusus untuk bersedekah padahal engga. Dan keegoisan yang awalnya ingin beli ini itu rasanya berubah jadi,"Yaudah ntar aja beli ini itunya lain kali aja kalau ada rejeki lagi."

Jadi ya itu sih reminder buat aku untuk selalu inget bersedekah saat kita lagi punya rejeki lebih. Lebih baiknya lagi sih jangan menunggu kita mendapat rejeki besar dulu untuk beredekah karena siapa tau dengan bersedekah justru memperlancar atau memperbanyak rejeki kita yang sekarang. Mudah-mudahan bisa menginspirasi.

Xoxo
Ayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar