Jumat, 16 Maret 2012

Hari ini saya belajar tentang bersyukur

Hari ini pas lagi makan malam bersama beberapa teman setelah belajar statistik kami sedikit banyak ngobrol. Mulai dari insos ospek hingga bidik misi. (Saya juga gatau nyambungnya dimana)
Jadi ceritanya teman saya ini cerita tentang salah satu teman kami yang mengikuti bidik misi. Ya memang saya tidak langsung mendengar kisahnya dari orangnya langsung tapi saya sudah bisa membayangkan bagaimana keinginannya yang sungguh-sunguh untuk kuliah.

Teman saya ini salah satu orang yang kurang dalam hal materi. Saat lulus SMA ia bahkan bingung harus melanjutkan pendidikannya atau tidak. Guru BKnya bahkan memberikannya uang sebesar 150rb untuk ia mengikuti snmptn. Teman saya ini tidak berharap banyak. Bahkan saat pengumumannya di internet ia takut untuk melihatnya dan pasrah. Saat ia membaca koran secara tidak sengaja ia melihat namanya terpampang dalam salah satu orang yang lulus snmptn.
Senang sudah pasti, tapi bagaimana dengan biaya kuliahnya? Saya lupa ia bertemu dengan siapa, tapi teman saya itu ditawari untuk mengikuti bidik misi. "wong tuamu kerjo opo le?" "Bapakku wes meninggal,ibuku dodolan gorengan." begitu jawabnya hingga dengan lancar ia memperoleh bidik misi. Saat ia pulang ia berteriak kegirangan kepada ibunya bahwa ia bisa kuliah.

Dari cerita tersebut menyadarkan saya. Saya dengan mudahnya kuliah, gagal snmptn masih bisa ikut pmdk. Belum biaya kos,uang makan dan segala tetek bengeknya. Tapi diluar sana masih banyak yang ingin untuk bersekolah. Berapa banyak orang diluar sana yg lebih pandai, cerdas, rajin dari saya tapi tidak bisa melanjutkan pendidikannya? Buat apa sih sebenarnya kita mengeluh tugas-tugas kita banyak, jadwal kuliah kita yang padat, doseenya ga enak, pelajarannya susah, kalo di luar sana masih banyak orang yg terpaksa kerja serabutan karena ga tau mesti ngapain pas lulus SMA?

Kalau nilai kita anjlok "tenaaaang masih ada UP" "Tenaaaang kan masih bisa ngulang semester depan." Kepikiran ga sih teman-teman kita yang ikut bidik misi? mereka harus menjaga nilai mereka tetap stabil, bahkan meningkat dengan risiko beasiswa/bisik misi mereka dicabut?  Hari ini saya belajar. Belajar tentang arti bersyukur. Belajar untuk tidak menyia-nyiakan.

ayu
xoxoxoxo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar